Wednesday 7 August 2013

Control Panel Tools (Fungsi)




Pembagian Kategori Dalam Control Panel
1.   Kategori System and security
adalah yang pertama di Control Panel dan berisi semua alat yang akan anda gunakan untuk melakukan sistem, administrasi, dan tugas-tugas yang berhubungan dengan keamanan.
 2.   Kategori Jaringan dan Internet
adalah yang kedua di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk memeriksa status jaringan, mengubah pengaturan, tetapkan preferensi untuk berbagi file dan komputer, mengkonfigurasi sambungan Internet, dan banyak lagi.
3.   Kategori Hardware dan Sound
adalah yang ketiga dalam Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk menambah dan menghapus printer dan perangkat keras lain, sistem perubahan suara, AutoPlay mengkonfigurasi, mengelola kekuasaan, dan update driver,
4.   Kategori Program
Program kategori yang keempat di Control Panel dan berisi semua alat yang akan anda gunakan untuk meng-uninstall program atau fitur Windows, mengelola gadget, dan banyak lagi.
5.   Kategori User Account and Family Safety
adalah kelima satu di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah pengaturan account pengguna dan password, kontrol orangtua mengatur, mengelola identitasnya, dan banyak lagi.
6.   Kategori Penampilan dan Personalisasi
adalah satu di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah tampilan desktop item, menerapkan berbagai tema desktop dan screen saver, menyesuaikan menu Start atau Taskbar, dan banyak lagi.
7.   Kategori Daerah Clock, Language, dan
Jam, Bahasa, dan Daerah ketujuh kategori ini adalah satu di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah tanggal, waktu, bahasa, angka, mata uang, dan banyak lagi.
8.   Kategori Kemudahan Akses (Ease of Access)
Kemudahan Akses pada kategori ini adalah delapan satu di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk menyesuaikan pengaturan komputer anda untuk penglihatan, pendengaran, dan mobilitas serta mengkonfigurasi pengenalan suara untuk mengontrol komputer anda dengan perintah suara.

1.     SYSTEM AND SECURITY
Action Center
Untuk memeriksa keamanan dan pemeliharaan yang berhubungan dengan item yang menunjukkan kinerja komputer anda.
Action Center ada Dua yaitu :
Action Center – Security
berisi informasi status tentang Firewall, Windows Update, Virus protection, Spyware perlindungan, Internet Security Settings, User Account Control, dan Network Access Protection (NAP).
Action Center – Maintenance
berisi informasi status tentang masalah laporan, Windows Backup, Windows Update dan fitur Pemecahan Masalah.
Windows Firewall
Adalah untuk dapat memperbolehkan atau melarang program dari mengirim informasi ke atau dari komputer anda melalui firewall.
System
Untuk mengakses Device Manager, yang memungkinkan anda untuk melihat dan mengendalikan semua perangkat keras yang terpasang di computer anda.
Windows Update
Untuk dapat mengakses alat Pembaruan Windows di mana anda dapat melihat status dari update sistem operasi.
Power Options
Untuk dapat memilih rencana kekuatan yang sudah tetapkan, yang merupakan kumpulan perangkat keras dan pengaturan sistem yang mengatur bagaimana komputer anda menggunakan power atau daya listrik.
Backup and Restore
Untuk dapat mengkonfigurasi, jadwal, dan meluncurkan operasi cadangan serta memulai operasi restore.
Bitlocker Drive Encryption
Anda dapat mengakses alat Bitlocker Drive Encryption, dan mengenkripsi seluruh drive. Ini akan memblokir hacker mengakses file sistem dan menemukan sandi atau mengakses drive anda setelah melepas dan memasangnya di komputer yang berbeda.
Administrative Tools
Anda dapat mengakses Administrative Tools folder, yang berisi alat untuk administrator sistem dan pengguna yang mahir. Alat-alat dalam folder mungkin bervariasi tergantung pada versi Windows yang anda gunakan.
2.     NETWORK AND INTERNET
Network and Sharing Center
adalah jantung dari kategori Jaringan dan Internet dan berisi sebagian besar kontrol yang akan anda gunakan secara teratur. Jika anda terhubung ke wireless network (jaringan nirkabel), anda akan melihat informasi yang berhubungan dengan wireless network dan pilihan tambahan untuk mengelola wireless network.
HomeGroup
Di mana anda dapat memilih libraries dan printer anda jika ingin berbagi dengan orang lain dalam homegroup.
Internet Options
Anda dapat mengakses kotak dialog Internet Options, yang bekerja seperti yang ada di Windows XP dan Windows Vista. Disini anda dapat memilih dan mengatur opsi yang sesuai anda inginkan.
3.     HARDWARE AND SOUND
Devices and Printers
Untuk melihat semua perangkat dan printer yang terpasang pada sistem Windows 7 anda.

AutoPlay
Memberikan anda kemampuan untuk memilih aplikasi apa untuk memulai ketika anda memasukkan atau menghubungkan berbagai jenis removable media atau perangkat multimedia.
Sound
Menyediakan akses ke kotak dialog Sound. Seperti anda dapat melihat tiga tab berisi item konfigurasi sementara tab Komunikasi baru dan memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi bagaimana Windows mengatur volume perangkat bila anda menggunakan sistem anda untuk panggilan telepon.
Power Options
Untuk dapat memilih rencana kekuatan yang sudah tetapkan, yang merupakan kumpulan perangkat keras dan pengaturan sistem yang mengatur bagaimana komputer anda menggunakan power atau daya listrik.
Display
Memungkinkan anda untuk mengubah ukuran teks dan item lainnya pada layar anda untuk membuat mereka lebih mudah untuk dibaca.
4.     PROGRAMS
Programs and Features
Untuk menemukan daftar semua aplikasi yang terinstal pada sistem Windows 7 termasuk tanggal yang mereka diinstal. anda juga dapat menghapus aplikasi yang ada didalamnya.
Default Programs
Akses ke empat item yang dapat anda gunakan untuk mengatur bagaimana program-program anda bekerja.
Desktop Gadgets
Untuk dapat mengakses antarmuka pengguna Gadget dari dalam jendela kategori Program.
5.     USER ACCOUNTS AND FAMILY SAFETY
User Accounts
Anda akan melihat account anda dan sejumlah kontrol untuk membuat perubahan dan account lainnya.
Parental Controls
Untuk mengatur bagaimana anak-anak anda menggunakan komputer.
Windows CardSpace
Untuk membangun hubungan dengan situs Web dan layanan online lainnya dan berbagi informasi rinci sekaligus melindungi identitas anda.
Credential Manager
Untuk memungkinkan anda untuk mengelola mandat anda, seperti nama pengguna dan sandi yang anda gunakan untuk log on ke situs Web atau komputer lain di dalam sebuah jaringan, yang disimpan dalam folder khusus yang disebut kubah.
Email
Anda dapat membuat dan mengatur profil yang berguna untuk soal transaksi pengiriman dan penerimaan email di PC anda dan juga dihubungkan pada Microsoft outlook dalam jaringan internet anda.
6.     APPEARANCE AND PERSONALIZATION
Personalization
Untuk mengubah tema, yang terdiri dari latar belakang desktop, jendela warna, suara, dan screen saver.
Taskbar and Start Menu                                            
kemampuan untuk memilih lokasi Taskbar atau mengubah cara kerja tombol Taskbar.
Folder Options
Untuk sebagian besar, dengan setting pada tab ini adalah sama seperti mereka dalam versi sebelumnya sistem operasi Windows.
Fonts
Anda akan melihat semua font yang terinstall pada sistem. Font dengan ikon pudar terinstal tapi tersembunyi dan tidak akan muncul dalam aplikasi yang memungkinkan anda untuk memilih font.
7.     CLOCK, LANGUAGE, AND REGION
Date and Time
Di sini anda dapat melihat tanggal yang dipilih saat ini, waktu dan zona waktu.

Region and Language
Di sini anda dapat melihat bahasa yang dipilih saat ini serta format tanggal dan waktu. Dan format ini dapat dirubah.

8.     EASE OF ACCESS
Ease of Access Center
Untuk memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi sistem Windows 7 untuk digunakan oleh seorang individu dengan visi, pendengaran, atau keterbatasan mobilitas. Akses Cepat Bagian memberi anda akses mudah ke alat-alat yang paling umum sementara pengaturan Jelajah semua bagian memberi anda lebih individual pengaturan konfigurasi.
Speech Recognition
Untuk memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi bagaimana pengenalan suara bekerja pada sistem operasi Windows 7.



PENUTUP DAN KESIMPULAN
Demikianlah sedikit penjelasan tentang Apakah yang dapat dilakukan Sistem Operasi Windows 7 untuk memanage atau mengatur sebuah sistem computer dengan mengacu pada Control Panel. Dari semua penjelasan diatas yang telah saya ketik mengenai fungsi alat-alat yang ada dalam Control Panel, Saya coba menyimpulkan bahwa untuk mengatur dan memanage sebuah sistem komputer semuanya dipusatkan pada sebuah program aplikasi Control Panel untuk melihat dan memanipulasi dasar sistem pengaturan dan kontrol pada software dan hardware Komputer, seperti menambahkan hardware, menambahkan dan menghapus software dalam sistem komputer, mengendalikan User account, aksesibilitas mengubah pilihan, melakukan konfigurasi, networking, personalisasi, kustomisasi, tweaking, dan setting dari sebuah sistem operasi dapat dilihat, ditetapkan, diubah, atau didefinisikan untuk memperoleh performa yang optimal ketika PC atau Notebook digunakan.

Control Panel Tools (Fungsi) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mank solin